Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengkritik yang Baik Tanpa Menyakiti Orang lain

 

Cara Mengkritik yang Baik Tanpa Menyakiti Orang lain - Les giblin pernah mengatakan bahwa salah satu kegagalan paling umum dalam hubungan manusia adalah upaya kita untuk meningkatkan harga diri kita dengan merendahkan harga diri orang lain. Artinya kita tidak sungkan untuk menyakiti hati orang lain, hanya demi menaikan drajat harga diri kita dimata banyak orang. 

Ketika misalnya kita mengkritik orang lain seringkali kita salah, kita bukanya memberi keritik namun malah mempermalukan harga diri mereka. Ini tentu bukan hal yang baik, walaupun memberi saran dan kritik itu penting, namun jika cara yang kita gunakan itu salah, tentu akan berdampak negatif. 

Oleh sebab itu, berikut ini akan saya sampaikan poin penting yang harus dipahami jika ingin mengkritik orang lain. 

1. Kritik harus disampaikan secara pribadi 

Jika kita ingin membuat saran dan kritik kita diterima oleh orang lain, kita tidak boleh membuat ego orang lain melawan kita. 

Pastikan bahwa tujuan kita adalah membuat hasil akhir yang baik. Usahakan sampaikan kritik bukan di depan banyak orang, sebab itu akan membuat dia lebih egois dibanding kita, bisa saja dia akan melontarkan pembelaan sambil menunjukan raut kebencian terhadap diri kita, alhasil apapun yang kita katakan kepada dia tentu tidak akan diterimanya. 

Cobalah untuk mencari kesempatan dimana dia sedang sendiri dan pada waktu yang pas. Sampaikan secara perlahan dari hati-ke hati, saya yakin pasti dia akan mau menerima kritikan kita. 

2. Awali kritik dengan kata manis/sanjungan 

Kata-kata manis, seperti sanjungan dan pujian akan sangat berpengaruh dalam menciptakan suasana yang bersahabat. Itu akan membuat orang lain merasa senang dan mengurangi egonya. Pujian dan sanjungan itu akan membuka pikiranya terhadap kritikan yang memang perlu didengarnya. 

Katakan kepada dia bahwa sebenarnya dia itu sangat baik, namun ada sedikit yang kurang lengkap dalam dirinya, dan bila itu dilengkapi dia akan menjadi pribadi yang sangat baik. Dengan pendekatan seperti itu dia akan merasa lebih dihargai, sehngga kritikan kita mudah untuk diterimanya. 

3. Kritik perbuatanya bukan orangnya 

Terkadang banyak orang salah dalam memberikan kritik, mereka lebih condong kepada personalnya. Inilah yang akan membuat seseorang merasa terpojokan. Jika ingin kritikan kita diterima, cobalah mengkritik tingkah laku atau perbuatanya, bukan orangnya. Sebab dia hanyalah seorang manusia, bisa jadi dalam bidang A dia salah namun dalam bidang B C dan D dia baik. Itulah alasan mengapa jangan mengkritik orangnya namun lebih kepada perbuatanya. 

4. Berikan jawabanya 

Ketika kita memberi tahu orang lain tentang kesalahan mereka, beritahulah cara melakukan yang benar. Penekananya bukan pada kesalahanya melainkan bagaimana mereka bisa memperbaiki dan menghindari kesalahan itu. Oleh sebab itu sebelum memberi kritikan jadikan diri lebih baik terlebih dahulu agar kita bisa menjadi contoh untuk diri mereka. 

5. Jangan terlalu memaksa 

Kita tahu bahwa kita memiliki sebuah Batasan dengan orang lain, tentunya kita tidak bisa memaksa orang lain menerima Kritikan kita 100%. Bisa jadi mereka hanya mengambil bagian bagian yang sesuai menurut mereka saja, oleh sebab itu kita harus tetap menghargai pilihan mereka. Demikianlah tips yang dapat saya informasikan kepada anda semua, semoga bermanfaat, sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Selalu salam inspirasi. 

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengkritik yang Baik Tanpa Menyakiti Orang lain"