Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Dampak Buruk Media Sosial yang Bisa Bikin Kamu Makin Bodoh

Inilah Dampak Buruk Media Sosial Bisa Bikin Makin Bodoh - Di masa sekarang media sosial bisa dikatakan sudah menjadi makanan sehari hari bagi setiap orang, apalagi remaja. Tanpa media sosial serasa ada yang kurang dalam dirinya. Biasanya media sosial dijadikan sebagai wadah untuk mengesplor diri, mengisi kebosanan dan lain sebagainya. 

Menurut Hootsuite dari total populasi penduduk Indonesia yang sekitar 272,1 juta, ada sekitar 160 juta yang aktif di media sosial. Ini menunjukan bahwa pengguna media sosial di Indonesia sangatlah tinggi. 

Kita tahu media sosial sangat dibutuhkan olah orang-orang di jaman sekarang ini, baik untuk kepentingan komunikasi maupun marketing sebuah usaha. Namun selain banyak nya sisi positif, ternyata banyak juga dampak buruknya. Beberapa diantaranya sebagai berikut. 

  • Menghabiskan banyak waktu 

Sadar atau tidak terkadang kita tidak memperhatikan waktu yang kita habiskan untuk membuka media sosial, bisa itu stalking profil orang, bahkan membalas komentar atau debat online dengan pengguna media sosial lainya, hingga kita pun tidak sadar akan waktu yang kita habiskan. 

Ucapan sederhana yang terbesit saat kita mulai menggunakan media sosial mungkin saja adalah, ah sebentar saja, ah Cuma bentar doang, lama-lama saking asiknya, kita tidak sadar sudah 2 jam menghahabiskan waktu hanya untuk bermain sosial media saja, padahal disisi lain masih banyak pekerjaan di kehidupan nyata yang harus dilakukan. 

  • Berkurangnya Privasi Pribadi 

Di media sosial kita bebas mempublikasikan sesuatu, bahkan seringkali kita tidak sadar mempublikasikan hal yang mungkin tidak perlu, contohnya misalkan tentang pribadi diri kita. Kita membublikasikan segala aktivitas kita, segala prasaan dan unek unek kita. Katakan saja misalnya kalau lagi galau gitu ya, upload foto, buat status tentang kegalauan. 

Atau misalkan ada orang yang tidak kita suka kemudian kita sindir dia lewat media sosial. Padahal hal semacam itu tidaklah penting, ngapain kita publikasikan semuanya di media umum, toh orang juga tidak akan peduli dengan diri kita. 

Bahkan mereka bisa saja tertawa akan ke alayan sikap kita dalam bersosial media. Jadi bijaklah dalam menggunakan media sosial, jangan mengumbar lebih tentang diri sendiri. 

  • Kemakan HOAX 

Hoax adalah masalah terbesar di negeri ini. Dimana mana banyak sekali hoax, semenjak media sosial makin rame, hoax pun makin bebas bertebaran. Bahkan saking bebasnya sampe-sampe banyak orang yang kemakan hoax. Sebagian masyarakat pengguna media sosial tidak bisa mencerna informasi dengan baik, tidak bisa membedakan mana yang real atau tidak. Inilah yang bisa membuat kita semakin mundur dalam memanfaatkan sosial media. 

  • Tidak Dewasa 

Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial akan membuat kita jarang berinteraksi dengan orang secara langsung. Bahkan itu bisa berdampak terhadap tingkat kedewasaan kita, tentu kita jarang dapat berproses secara nyata. 

Kita sulit beraktivitas karena disibukan terus dengan media sosial. Meskipun teman kita di media sosial sangat banyak, namun mereka bukanlah teman di kehidupan nyata. Mungkin hanya Sebagian kecil saja dari mereka yang betul-betul teman yang kita kenal di dunia nyata, namun sisanya hanya sebatas teman media sosial yang belum tentu peduli dengan kita. 

  • Menjadi Lebih Malas 

Tanpa sadar media sosial dapat membuat diri kita menjadi semakin malas. Mungkin karena terlalu asik melihat branda media sosial atau kepo dengan profil orang lain, sampai-sampai kita melalaikan banyak hal. 

Bermain media sosial biasanya sering dilakukan sambil tiduran, nah jika sudah sambil tiduran kalau disuruh bangun mengerjakan sesuatu terasa ada saja rasa malas dalam diri. Bahkan Ketika mengerjakan sesuatu pun, dalam hati tergesit ingin membuka media sosial terus terusan, ini tentu akan berdampak buruk bagi kehidupan kita sehari hari.

Posting Komentar untuk "Inilah Dampak Buruk Media Sosial yang Bisa Bikin Kamu Makin Bodoh"